Pengertian ZIHAR

gambar: muslim.or.id

Soal:

Ustadz minta tolong apa pengertian menzhihar istri yg sesuai tafsir QS  al mujadila ayat 3.

Jawab:

Bismillah,

ZIHAR. Berasal dari kata zahara-yazhara-zahrah yang berarti punggung, jelas atau terang. Zihar terambil dari kata zahara dan yuzahiru yang merupakan wazan (padanan) dari mufa’alah.

Secara terminologi, zihar adalah ungkapan suami kepada isterinya yang bermaksud menyamakan anggota tubuh isterinya dengan ibunya, seperti dalam ungkapan; _punggungmu sama dengan punggung ibuku”.

Praktek zihar lahir sejak zaman pra-Islam atau masa Jahiliyyah. Mereka menyamakan zihar dengan talak dalam arti, bahwa seorang yang menzihar isterinya berarti sama dengan mentalak isterinya.

Namun, setelah datang Islam penyamaan zihar dengan talak ini di ini dikoreksi.

Persoalan zihar erat kaitannya dengan peristiwa penurunan Surat al-Mujadalah ayat 1-3. Dalam suatu riwayat dijelaskan bahwa seorang wanita bersama Khaulah binti Tsa’labah yang dizihar suaminya (Aus bin Shamit), yang mengatakan; “Bagiku, kamu seperti punggung ibuku”.

Dengan maksud atau niat dia tidak akan lagi menggauli isteriny, sebagai mana ia tidak boleh menggauli ibunya.

Peristiwa ini diajukan Khaulah binti Tsa’labah kepada Nabi saw. agar diberi kepastian hukum. Tidak lama kemudian, turunlah ayat 1-3 Surat al-Mujadalah.

Wallahu a’lam

Posted by Redaksi Attauhid

ATTAUHID.NET adalah media informasi dan dakwah Masjid At-Tauhid yang beralamat di Rt. 01 Rw. 05 Pajeleran, Sukahati, Cibinong

Website: http://www.attauhid.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *