Tanya Jawab Bersama Ustadz Dr. Muhammad Arifin Badri

Yang mana yang harus di dahulukan, orangtua atau anak istrinya?

Dulu kehidupan ekonomi kami berkecukupan, sekarang hidup pas-pasan, saya harus bekerja utk membantu ekonomi keluarga
Tapi suami masih tetap ingin membantu orangtuanya
Yang mana yang harus di dahulukan, orangtua atau anak istrinya?


Berhutang atau zakat

Ada teman yang tidak mampu berhutang dengan saya, terus saya keluarkan zakat saya untuk memotong hutang orang tersebut, apakah di perbolehkan?


Bagaimana cara menumbuhkan perasaan ikhlas?


Apakah boleh menggunakan electronic money?

Apakah electronic money seperti True money benar adalah transaksi uang yang syariah seperti label halal yg didapatnya dari MUI? setau saya dapat mengirim uang ke sesama member melalui agen atau minimarket, pembayaran tagihan PLN, PDAM, pulsa, penitipan uang tanpa bunga.


Bolehkah menandatangani petisi?

Apakah bolehmenandatangani petisi seperti banyak beredar di media sosial sekarang?


Bolehkah menyewa sawah untuk usaha?

Ana berniat ingin menyewa sawah 1 tahun dengan nilai 5 juta dan utk biaya bibit dan obatnya senilai 1 juta total menjadi 6 juta, dalam 1 tahun dapat 3 kali panen, bagi hasil dengan penggarap sawahnya 50:50, apakah itu halal utk ana dan penggarap sawahnya?


Shalat Jum’at untuk perempuan

Apakah hari jum’at perempuan di rumah shalat zuhur tunggu setelah laki-laki pulang dari masjid?


Apakah benar supermoon tanda kiamat?


Berhenti kerja karena dipindah ke tempat yang jauh

Suami saya akan dimutasi ke jakarta, tapi kami berat meninggalkan pekanbaru karena kami tinggal di lingkungan sunnah, dan banyak kebaikan yg kami dapatkan di sini.  Banyak pula kajian yg bisa kami ikuti serta rutinitas tahsin. Suami saya memilih untuk tetap di sini dengan konsekuensi harus keluar dari perusahaan. Kami saat ini dagang kecil-kecilan. Apakah keputusan kami salah? Mohon pencerahannya.


Nadzar yang bersyarat

Setahun lalu ana berkeinginan menjual sebuah kebun. Ana dan suami meniatkan jika kebun itu trjual akan kami infakkan sebagiannya utk pembangunan masjid. Lalu sampai skrg kebun itu belum laku terjual.. Lalu kami merubah niat mengganti asset yg kami jual tdk jadi menjual kebun tp menjual rumah saja dn mengganti niat utk infak masjid dg hasil penjualan rmh jika laku sebagian utk infak masjid. Krn utk menjual kebun sepertinya tdk mudah..
Pertanyaannya..
1. Apakah niat kami infak dengan sebagian hasil jual kebun jika terjual termasuk nazar?
2. Apakah ada kaffarat yg harus kami tunaikan?
3. Bolehkah mengganti niat infak dari sebagian hasil jual kebun dg hasil jual rumah utk menggugurkan niat yg pertama tadi..
Baarakallahu fiika ustadz


Membiayai orang lain berhaji

Jika kita mempunyai rezeki ingin membantu membayar uang muka haji untuk seseorang..apkh nanti orang yg berhaji itu mendptkan pahala haji atau hanya mendptkan pahala sodaqoh?
Bagaimana dgn orang yg membantu memberikan uang muka apakah ia akan mendptkan pahala haji juga atau hanya mendptkan pahala sodaqoh saja?


Bolehkah guru menerima hadiah dari siswa?

Saya adalah pimpinan dari suatu pondok pesantren. Saya sering mendapat hadiah dari orangtua santri, apakah hal ini di perbolehkan? Apakah ini termasuk saya menerima tip?


Membagi warisan

Bapak ana meninggal 7 thn lalu dengan meninggalkan 3 rumah.. Sekarang ibu ana menikah lagi
1. Apa ayah tiri ana mendapat warisan jika ibu ana meninggal? Ayah tiri ana tidak punya rumah dan saat ini menempati rumah ibu ana
2. Sebagai anak tiri ana cicil rumah dengan uang ana sendiri. Apakah bapak tiri mempunyai hak atas rumah yg ana cicil?


Cara over credit rumah yang syar’i

Saya bermaksud membeli sebuah rumah secara kas.
Setelah saya hubungi si penjual, ternyata rumah tersebut dia beli KPR ke Bank dan masih sisa cicilan ke bank sebesar 100 jutaan. Dia menjual rumah tersebut karena dia sangat butuh uang.
Pertanyaannya,
1. Apakah saya boleh membeli rumah tersebut (walau rumah tersebut masih ada cicilan dibank)??
2. Jika tidak boleh, apakah prosedur yang harus saya dan si penjual jalankan , agar saya bisa membeli rumah tersebut dengan cara yang tidak riba?


Membeli produk dengan cara dicicil

Saya ada bisnis sedikit, tapi kadang-kadang saya membayar kpd pemilik barang setelah barang laku, apakah ini di perbolehkan?
Apakah ini termasuk zolim karenamenunda nunda membayar hutang?


Berbakti anak hanya di akhir hayat saja?

Apakah anak laki-laki berbakti dengan bertanggung jawab kepada org tua sampai akhir hayatnya? Adakah dalil yg menjelaskannya?


Mana yang lebih baik? Gadai atau Jual untuk modal?

Saya lagi perlu uang, saya ada sedikit perhiasan. Saya tawarkan ke teman-teman untuk di gadai, tapi tidak ada yg mau, apa boleh saya gadaikan perhiasan saya di pegadaian?


Menjual rumah yang masih dari cicilan riba

Kami mempunyai rumah yg mau dijual,,,kemudian ada pembeli yg mau membeli lewat KPR, apabila kita menandatangani surat /berkas dari bank tsb utk proses KPR,, apakah itu di perbolehkan?


Koperasi simpan pinjam yang syar’i

Bagaimana hukumnya membuat koperasi simpan pinjam? Bagaimana koperasi yang sesuai syar’i?


Beasiswa dari perusahaan rokok

Saya ingin mengajukan beasiswa, ada kesempatan di perusahaan rokok. Apakah ini di perbolehkan?


Membeli rumah dari developer dengan cara dicicil

Saya membeli rumah. Waktu akad pembelian rumah,bangunan belum ada. Saya membayar uang muka cukup besar,sisanya di cicil 5 thn tanpa bunga.
Sekarang sdh memasuki cicilan tahun ke 2. Sampai sekarang rmhnya blm selesai di bangun, berarti saya belum menerima wujud rumah tersebut. Saya berencana menjual rumah tersebut. Apakah di perbolehkan?


Hadiah dari bank

Setiap lebaran saya mendapat hadiah dari bank syariah, kadang al-qur’an atau buah.
Bolehkah saya menerimanya?


Bolehkah makan dana pensiun

Saya sudah pensiun,setiap bln mendapat uang pensiun. Uang pensiun adalah uang kita yg di kumpulkan selama kt kerja dan di kembalikan ke kita pada saat pensiun dgn cara di kembalikan setiap bulan.
Setelah saya hitung, saya punya hak dgn uang pensiun tersebut hanya dlm waktu 10 thn, selebihnya adalah bunga dari uang dana pensiun yg ada di perusahaan tersebut.
Apakah saya boleh menerima dana tersebut setelah 10 thn?


Menghadiri pernikahan full music

Ustadz… bagaimana hukumnya apabila kita mendapat undangan resepsi pernikahan dari teman dekat sesama muslim di gedung yang setiap acaranya selalu ada musik-musik yg mengiringi lagu-lagu dari penyanyi… Apabila kita hadir disana sekedar utk menghargai undangan dari teman kita tsb apakah perilaku kita tetap digolongkan sebagai seorang yg tasyabuh & bagaimana hukumnya dalam Islam…Afwan


Kaos berlafadz Allah dipakai ke toiler

Sekarang banyak di produksi baju-baju kaos, tas atau produksi yg lain dgn ada tulisan latin bismillah atau laa illahaillallah
Bagaimana hukumnya kalau masuk toilet, apakah di perbolehkan?


Cara sholat pasien cuci darah

Suami saya baru terdiagnosa gagal ginjal, dan harus cuci darah, lamanay cuci darah itu 4 sampai 5 jam, untk jadwal cuci darah pihak RS yg menentukan waktu nya, klu suami saya dapat jadwal cuci darah jam 2 siang, selesai nya jam 8 malam, dan sholat ashar & maghrib terlewat, karena untuk sholat sambil tiduran pun susah, karena posisi tempat tidur membelakangi kiblat, mohon solusi nya ustadz , bagaimana cara ny untuk menggantikan sholat yg terlewat tersebut..?


Memberi makan binatang peliharaan dengan daging babi

Assalamu’alaykum pak Ustadz mau bertanya:
Say punya piaraan kucing persia dia suka sekali makan yg produk kemasan dengan satu merek tertentu dan tidak mau makan selain catfood tsb. Setelah beberapa bulan saya baru menyadari bahwa ternyata produk catfood mengandung b2 (babi). Apakah bulu atau air liur kucing mengandung zat yg haram dari makanan tersebut. Apakah kucing masih boleh dipiara sepanjang masih makan makanan yg mengandung babi tsb?


Menjual rumah yang belum diterima

Saya mendengar kalau rumah itu blm saya terima wujudnya, saya tdk boleh menjual dengan harga sekarang, harus dijual dgn harga pembelian saya 2 thn yg lalu. Apa ini benar?


Membagi nasi box ketika ultah

Bolehkah kita memberikan nasi box kepada anak2 yatim di saat anak kita berulang tahun?


Sedekah pas ulang tahun

Apakah boleh ketika ulang tahun kita memberikan sedekah?


Tanda baligh laki-laki

a. Apakah tanda baligh harus selalu ditandai dgn ihtilam?.
b. Apakah betul secara syariat, jika tanda tanda ini hanya disebut sebagai tanda sekunder menjelang ihtilam?. seperti misalnya tumbuh bulu halus dikemaluan, suara pecah, dan ber jakun .
c. Apa saja sebetulnya tanda tanda baligh utk seorang anak laki laki?
d. Jika tanda Baligh yg duluan adalah tumbuh bulu maka, apa tindakan selanjutnya?.
contoh : jika mimpi basah, stlh mengalami mimpi basah selanjutnya harus diikuti dgn mandi junub.


Menjual rumah yang sedang disewa

Bagaimana hukumnya bila rumah yg sedang disewakan dilakukan jual beli antara pemilik dengan pihak lain dengan sepengetahuan penyewa, dengan konsekwensi bila hak sewa habis maka hak kepemilikan beralih ke pemilik rumah yg baru. Apakah ini dibolehkan? Maksudnya si penyewa melakukan hubungan sewa menyewa dengan pemilik baru sepanjang tdk ada tunggakan2


Akhlak istri yang sudah mengaji kurang baik

Ada jama’ah yg sudah lama mengikuti manhaj salaf. Dia sering ikut kajian. Tapi attitude nya sehari2 kurang baik. Sering tidak taat terhadap suami, sholat pun selalu ditunda2, masih bergaul dengan lawan jenis dan masih melakukan maksiat. Tapi dia ingin sekali memakai cadar krn ingin seperti istri Rasulullah dan memang salah satu keinginan suaminya juga agar istrinya memakai cadar. Dia ingin sekali memakai cadar tapi dia merasa tidak pantas krn kelakuannya masih jauh dari kata bagus. Mohon nasihat ustadz utk sahabat ana, apakah dibolehkan memakai cadar dengan kepribadian yg seperti itu?


Hak waris janda meninggal yang tidak mempunyai anak

Bagaimana pembagian warisnya jika seorang janda meninggal tanpa anak, meninggalkan ayah, ibu, 3 saudara kandung laki2 dan 5 saudara kandung perempuan. syukron atas bantuannya


Suami talak istri 3x, bolehkah rujuk kembali?

Apa hukumnya bila suami sdh mentalak istrinya sebanyak 2 kali secara tertulis.1 kali secara lisan. tp menurut suami yg hanya mentalak 2 kali…kini suami istri tersebut mau rujuk kembali sepakat suami istri tersebut mau saling memperbaiki kesalahan mrk dengan RTnya…itu menurut hukum islam apa mrk masih bisa menjlnkan RTnya kembali?


Menjual barang yang belum jadi

Bagaimana hukumnya berjualan online di fb dengan sistem PO. Dimana barang yang difoto adalah contoh barang yg sudah jadi yg dipesan customer dan bila ada customer yang berminat bisa pesan melalui PO untuk selanjutnya bila sudah terjadi akad baru sipenjual membeli bahan dan kemudian menjahitnya lalu bila selesai dikirim (setelah proses pembayaran dilakukan oleh calon pembeli terlebih dahulu. Sistem penjualan spt ini marak terjadi di medsos .

Mohon penjelasannya jazakumullah khairan.


Hukum Wisuda

a. Apakah ada dalil nya untuk suatu sekolah mengadakan wisuda? Dan utk suatu sekolah sunah apa di perbolehkan mengadakan wisuda?
b. Saat ini sedang musim sekolah-sekolah mengadakan wisuda di madinah. Mereka menyarankan kepada muridnya utk umroh bersama tapi ada tujuannya yaitu utk wisuda di madinah. Apakah boleh?


Solusi bagi yang terlanjur gadai sawah tidak syar’i

Seseorang menggadai sawah thn 2008 katanya untuk biaya kehidupannya memang didaerah tersebut jual beli sawah tidak boleh cuma boleh nya digadai… ortuanya karena sawah nya belum ada disuruh sianak untuk mengambil dan kata ortu keturunan dari dia sudah tidak ada hanya famili sudah berupa kaum(satu suku) jadi sekarang org tersebut sudah mempelajari sunnah
Ternyata haram pegang gadai… si pemagang menawari ke pada kaum supaya uang nya kembali kaum tersebut tidak mau mengembalikan uang si pemagang sementara mereka kaumnya tsb org banyak uang… Bagaimanakah pemagang gadai tersebut?


Apakah Aqiqah harus di hari ke-7?

Saya baru melahirkan anak pertama dan saya banyak mendapati dalil2 mengenai tatacara aqiqah yg sunnahnya 7 hari setelah hari kelahiran. Pertanyaan saya apakah boleh apabila saya mengaqiqahkan anak saya di hari kelima (lebih awal) mengingat uzur suami saya yg tdk bisa meninggalkan pekerjaan dihari kerja serta mengundang keluarga besar kerumah.


Apakah Definisi Riba


Bekerja di perusahaan sekuritas

Apakah boleh bekerja di bursa efek atau perusahaan Securitas yg hanya menjual common stock?


Hukum menikah siri tanpa saksi

Adik ana menikah sirih dgn laki2 duda. Mereka menikah tanpa wali hakim atw saksi. Apakah sah pernikahan sirih mereka itu?


Apakah sebelum dimasak daging harus dicuci dulu?

Apabila kita hendak masak daging cincang ataupun dgg kambing sapi dll, apakah harus dicuci dulu utk hilangkan darahnya atau boleh langsung di masak?


Listrik rumah kontrakan tidak dibayar pengontrak

Saya memiliki rumah kontrakan diluar kota. Listrik rumah kontrakan saya itu diputus oleh pln krn yg mengontrak rumah kami tdk membayar tanpa sepengetahuan kami. Apakah kami meminta tanggung jawab yg ngontrak rumah untuk memasang kembali listrik itu dibenarkan dalam islam?


Melunasi hutang rumah yang di bank

si A membeli rumah kakaknya seharga sekian juta. si A sudah DP setengahnya, dan ternyata sisanya sama kakaknya suruh nyicil, kebetulan sertifikat rumah masih ada di bank.  Kakak si A minta tolong pd adiknya agar membantu melunasi utang di bank tersebut agar sertifikat cepet kembali. Apa dg transaksi seperti ini si A juga kena riba? si A tinggal meneruskan membayar hutang kakaknya ini dan bayarnya ke kakaknya bukan ke Bank nya.


Zakat untuk suami yang tidak bekerja

suami sy sdh tdk bekerja,utk kebutuhan sehari hari sy yg menanggungnya. Apakah sy boleh memberi zakat buat suami saya walaupun dia punya rumah dan mobil?


Utang piutang dan sewa-menyewa tanah

Ada kasus seperti ini ustadz. Adi pinjam uang pd Budi 10jt dg gadai tanah (punya Adi) tp tanah Adi digarap oleh Budi dan ketika panen Budi memberi hasil panen sbg sewa tanah kpd Adi, apakah dgn sistem ini dibolehkan? Bgmn solusinya?


Mendapat HP dan Pulsa dari Perusahaan dengan Syarat

Di tempat kerja suami ada penawaran penggunakan hp baru krn layanan handset dan layanan yg lama tdk mendukung lagi (sblmnya mmg ada fasilitas bagi karyawan). Karyawan diperbolehkan mengajukan hp tsb dgn perjanjian harus menggunakan layanan tsb selama 2th (pulsa diberikan oleh perusahaan seperti yg selama ini jg diberikan) jika sblm akhir masa perjanjian (<2th) tdk menggunakan (mengundurkan diri/keluar dr pekerjaan) maka hp dikembalikan kpd perusahaan dan karyawan mengganti biaya pulsa tsb selama perjanjian berjalan (2th). jika tetap lanjut maka hp menjadi hak milik karyawan dan tdk ada tanggungan mengganti pulsa tsb. Yg ingin ana tanyakan bolehkan ana mengikuti program tsb?


Bekerja di 2 Perusahaan

Ada seseorang yg bekerja di perusahaan A, perusahaan ini mmg tdk menuntut kehadiran artinya boleh kerja secara mobile, yg penting targetnya projeknya tercapai, nah disamping bekerja di perusahaan A tsb, pegawai ini juga melakukan projek lain di perusahaan yg berbeda. yang ditanyakan adalah apakah hasil uang yg didapat dari projek lain itu halal atau haram?


Zakat hasil penjualan rumah

Apakah kalau kita sdh niat mau jual rmh seharga sekian misalnya lalu setelah 1 thn blum terjual jg. Apakah kita sdh kena wajib zakat krn sdh 1 thn niatnya mau jual rmh sementara nilai nominalnya blum tahu brp?


Menjadi makelar rumah

Bagaimana hukumnya apakah dibolehkan jika kita menawarkan menjual rumah teman, dengan kita meminta fee dari jasa marketing kita? Fee ini dibicarakan di depan sebelum transaksi atau kegiatan penawaran dengan calon pembeli dimulai, dan pemilik rumah juga menyetujui jumlah tertentu fee tersebut.


Membeli apartemen yang memberlakukan denda telat bayar

suami sy beli apartemen dgn akad awal di bayar cicilan selama 5 thn tanpa bunga,tp jk pembayaran terlambat akan mendapatkan penambahan pembayaran. Apakah ini termasuk riba?


Menjual Rumah yang sedang Disewakan

Bagaimana pandangan mnt hukim islam bula rumah yg sedang disewakan dilakukan jual beli antara pemilik dengan pihak lain dengan sepengetahuan penyewa, dg konsekwensi bila hak sewa habis maka hak kepemilikan beralih ke pemilik rumah yg baru. Apakah ini dibolehkan?


Bekerja di toko yang pemiliknya non muslim

Apakah bekerja di toko yg pemiliknya non muslim itu diperbolehkan?


Hukum pesan makanan via Gofood/GrabFood

Bagaimana hukumnya bila kita pesen mknan via Gojek/Go food.


Beli rumah secara kredit tapi rumah belum jadi

Saya beli rmh secara kredit.
Waktu pembelian rumah itu blm di bangun,smp skrg masih dlm tahap persiapan pembangunan, jadi rmh blm saya terima, krn khawatir dgn riba, bolehkah rmh itu sy jual mengingat rmh itu blm ada wujudnya.


Persentasi keuntungan yang dihalalkan

Jika kita hendak berniaga menurut Syari’at Islam nya, berapa % kita mengambil keuntungan dari modal jual? Jika kita jual barang memakai sistem kredit apakah diperbolehkan, krn pastinya kredit itu mengambil keuntungan lumayan besar, dgn alasan waktunya yg lama utk pembayaran cicilan tsb.

[sc_embed_player_template1 fileurl=”https://dl.dropboxusercontent.com/u/85277528/Kajian/Berapa%20persen%20ambil%20keuntungan.mp3″]


Membeli barang sisa cukai

Kantor bea cukai suka menerima barang impor dari luar yg jumlahnya melebihi dari jumlah pesanan yg tertera pd catatan administrasinya. Misalnya barang yg dikirim dari luar itu lebih dari pesenan indonesia. Indonesia pesen ke korea 100 samsung galaxy s7, tapi korea nya kelebihan kirim barang, menjadi 110. Yang 10 nya itu di ambil sama pegawai nya buat di jual lagi dengan harga yg murah. Para atasan sudah mengetahui perihal ini. Apakah boleh kita beli barang sisa yg kelebihan itu ?

[sc_embed_player_template1 fileurl=”https://dl.dropboxusercontent.com/u/85277528/Kajian/Beli%20barang%20sisa%20cukai.mp3″]


Beli barang dari koperasi

Koperasi kami, selain jual beli barang-barang kebutuhan sehari-hari, juga ada simpan pinjam. hanya sistemnya tdk pakai bunga, tapi jika kita pinjam dikonversikan harga beras yg dibeli koperasi. untuk kembalinya dihitung berdasarkan harga jual beras di koperasi. misal pinjam 100 rb hrg beli beras 10 rb/kg. hrg jual 12 rb/kg. maka harus dikembalikan 120 rb.
Apakah sistem itu juga termasuk riba. mohon bantu pencerahaannya.


Arisan barang

Bolehkah arisan dalam bentuk barang? Jadi ada 10 org yg ikut, lalu tiap bulannya membayar 60 ribu akan mendapatkan 3 buah sprei. Bolehkah arisan seperti tsb?


Komunitas Paytren system MLM

Saya ditawarkan oleh teman kerja untuk ikutan/bergabung di komunitas “Paytren” system MLM. Apakah ini di perbolehkan?


Membayar hutang ribawi

Apabila kita beli tanah waktu itu harga tanah 400 jt uangnya bercampur dari gaji saya (mantan pegawai bank ribawi) kalau saya tidak salah uang dari sy 250 juta sisanya uang dari suami (bukan pegawai bank ribawi). Seandainya tanah kami itu jauh dari harga lama(450 jt) apakah saya wajib keluarkan hanya 450 jt dan lebihnya bisa kami manfaatkan untuk membantu anak2 dan keluarga dlm usaha dan tentunya kamipun akan memakainya. Apakah uang hg 450 jt bisa dipake utk pembangunan sekolah Qur’an atau ma’had?

Mohon penjelasannya. Seandainya tanah ini kami akan jual dan harganya jauh dari 400 jt.
Dari harga yg terjual sekarang apakah tetap wajib mengeluarkan 2,5 persen? dan seandainya kami keluarkan 2,5 persen itu kami sisihkan jg utk pembangunan ma’had Qur’an dll?


Kerja diluar Job Description

(a) Saya bekerja tapi jika dalam pekerjaan saya sudah terdapat job description nya yang harus dikerjakan dari jam 7 sampai jam 2.30 siang, apakah halal jika saya mengerjakan hal yg lain di luar job decription saya seperti ngobrol dengan rekan kerja atau yg lainnya?

(b) Jika saya datang atau pulang kantor tidak sesuai jam kerja yang disepakati apakah rejeki yang saya terima halal?


 

Posted by Redaksi Attauhid

ATTAUHID.NET adalah media informasi dan dakwah Masjid At-Tauhid yang beralamat di Rt. 01 Rw. 05 Pajeleran, Sukahati, Cibinong

Website: http://www.attauhid.net

This article has 1 Comment

  1. Assalamualaikum,saya bertanya tentang warisan.saya anak dari istri pertama dan ayah saya nikah lagi dengan isteri kedua mendpt kan 4 orng anak setelah mereka besar ayah saya menikah lagi dan bercerai dgn isteri keduanya dan isteri keduanya mengambil harta ayah saya lebih dari setengah kekayaan ayah, setelah itu ayah sakit dan diberitahu kan kpd anak dari istri kedua mereka Sang anak tidak datang sampai ayah saya meninggal dunia dan diberitahu kan lg kpd mereka,dan mereka tidak datang juga,ayah saya meninggal kan sebuah rumah, apakah mereka berhak mendapat bagian dari rumah tersebut.sedangkan saya dan saudara saya tidak mendapatkan apa-apa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *