Waktu Aqiqah Harus 7 Hari Setelah Kelahiran?

mencukur-rambut-bayi-730x430

Soal:

Assalaamualaikum ustadz ana mau tanya, dahulu kan aqiqah anak atau qurban? Afdhol nya, aqiqah itu 7 hari setelah kelahiran, atau kah boleh di waktu yang lain? Afwan ana masih takut salah melaksanakan ibadah ini karna menyangkut tanggung jawab terhadap anak. Mohon maklum ustadz dan akhi sekalian.

Semoga Allah jaga kita semua. Aamiin

-Ekky-

Jawab:

Alaikumussalam,

Aqiqah disunnahkan pada hari ketujuh dari kelahiran jika terlewatkan maka pada hari ke empat belas kemudian jika terlewatkan lagi maka hari ke duapuluh satu.

Dari Burairah dari Rasulullah shallallahu’alaihi wasallam, beliau bersabda,”Kambing ‘aqiqah disembelih pada hari ketujuh atau ke 14 atau ke 21.” (Shahihul Jami’us Shaghir no: 4132 dan BaihaqiIX: 303).

Namun ada sebagian ulama di antaranya Syaikh Shalih Al Fauzan dan Syaikh Ibnu ‘Utsaimin berpendapat bolehnya melakukan ‘aqiqah selain waktu di atas tanpa batasan sehingga berdasarkan pendapat ini, maka orangtua yang belum mampu pada waktu-waktu tersebut dapat menundanya manakala sudah mampu.

Jadi jika aqiqah bertepatan dengan qurban maka sebaiknya Dahulukan qurban karena waktunya sangat terbatas dan istimewa sedangkan aqiqah lebih luas dan senggang.

Wallahu a’lam

 

Posted by Dedi Fadilah ibnu Zubair

WAG Sahabat Bilal bin Rabah (Akhwat) WAG Sahabat Masjid at-Tauhid (Ikhwan) Daftar : 0878 7400 3722 Join telegram channel @sahabatibnuzubair

Website: http://www.attauhid.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *