Bakti Sosial “Menunduk Mengurai Benang Kebersamaan”

charity

LATAR BELAKANG

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Pandanglah orang yang berada di bawahmu (dalam masalah harta dan dunia) dan janganlah engkau pandang orang yang berada di atasmu (dalam masalah ini). Dengan demikian, hal itu akan membuatmu tidak meremehkan nikmat Allah padamu.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Dengan memiliki sifat yang mulia ini yaitu selalu memandang orang di bawahnya dalam masalah dunia, seseorang akan merealisasikan syukur dengan sebenarnya.

Sangat memprihatinkan dikala melihat mobil mewah, rumah bertingkat nan megah sangat mudah dijumpai tetapi betapa banyak orang di sekitar kita yang hidupnya dipenuhi rasa kekurangan. Mereka bekerja keras setiap harinya walaupun hanya cukup untuk sesuap nasi saja. Belum lagi kebutuhan pokok yang lain, mereka mesti mencari utang sana-sini.

Banyak orang yang terkesima dengan kilauan harta orang lain. Tidak pernah merasa cukup dengan harta yang ia miliki. Jika sudah mendapatkan suatu materi dunia, dia ingin terus mendapatkan yang lebih. Jika baru mendapatkan motor, dia ingin mendapatkan mobil kijang. Jika sudah memiliki mobil kijang, dia ingin mendapatkan mobil sedan. Dan seterusnya sampai pesawat pun dia inginkan. Itulah watak manusia yang tidak pernah puas.

Sikap seorang muslim yang benar, hendaklah dia selalu melihat orang dibawahnya dalam masalah harta dan dunia. Seharusnya seorang muslim memperhatikan petuah Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hal ini.

Beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jika salah seorang di antara kalian melihat orang yang memiliki kelebihan harta dan bentuk (rupa) [al kholq], maka lihatlah kepada orang yang berada di bawahnya.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Maka Dewan Kemakmuran Masjid ( DKM ) At Tauhid Kabupaten Bogor merasa tergerak dengan keadaan saudara kita sesama muslim yang keadaannya berada di bawah kita dengan mengadakan Bakti Sosial “Menunduk Mengurai Benang Kebersamaan”.

Dengan diadakannya Bakti Sosial ini kami berharap dapat meringankan sedikit beban yang ditanggung mereka, sehingga mereka bisa menikmati makanan sebagaimana yang kita makan, bisa menikmati pakaian sebagaimana yang kita pakai, dan bisa memenuhi kebutuhan sebagaimana ketika kita mempunyai uang.

NAMA KEGIATAN

Kegiatan ini diberi nama Bakti Sosial “Menunduk Mengurai Benang Kebersamaan”.

BENTUK KEGIATAN

Bentuk Kegiatan Bakti Sosial ini berupa :
1. Pembagian sembako kepada masyarakat kurang mampu di sekitar Masjid At Tauhid, Kampung Kranji, Pajeleran Gunung RT 01/05 Sukahati, Cibinong, Bogor
2. Ceramah Agama Islam
3. Buka Puasa Bersama

TUJUAN

Adapun tujuan pelaksanaan Bakti Sosial “Menunduk Mengurai Benang Kebersamaan” adalah sebagai berikut.
1. Menumbuhkan rasa kepedulian sosial kepada sesama muslim.
2. Meringankan beban perekonomian masyarakat sekitar masjid atau yang tidak mampu.
3. Meningkatkan dan mempererat tali persaudaran.

SASARAN

Kegiatan Bakti Sosial ini akan ditujukan kepada masyarakat tidak mampu di sekitar Masjid At Tauhid, Kampung Kranji, Pajeleran Gunung RT 01/05 Sukahati, Cibinong, Bogor.

PELAKSANAAN

Kegiatan ini Insya Allah akan dilaksanakan pada:

Hari, tanggal : Ahad, 25 Juni 2015
Waktu : Jam 16.00 WIB s.d selesai
Tempat : Masjid At Tauhid, Kampung Kranji, Pajeleran Gunung RT 01/05 Sukahati,
Cibinong, Bogor

BENTUK SUMBANGAN

Untuk kegiatan Bakti Sosial ini Dewan Kemakmuran Masjid At Tauhid menerima sumbangan berupa ; sembako dan uang tunai. Untuk informasi sumbangan dapat menghubungi 087874003722 / 081311166619 atau transfer melalui :

Bank Syariah Mandiri Cabang Cibinong

Nomer Rekening 7092024622 a.n. Yuli Widodo Setiadi

RENCANA ANGGARAN

 

1 Sembako :  100 paket @ Rp 120.000  Rp           12,000,000
2 Perlengkapan  Rp                100,000
3 Transportasi  Rp                200,000
4 Konsumsi Buka Bersama  Rp             2,500,000
5 Biaya Tak Terduga  Rp                500,000
Jumlah  Rp     15,300,000

PENUTUP

Demikianlah proposal kegiatan ini kami susun. Semoga dapat memperoleh dukungan dari berbagai pihak guna merealisasikan kegiatan serta tercapainya tujuan dan sasaran kegiatan. Keberhasilan dan kelancaran yang akan dicapai dalam kegiatan ini tidak terlepas dari karunia dan petunjuk Allah subhanahu wa ta’ala, kemudian peran serta aktif dari semua pihak. Hanya kepada Allah lah semestinya kita bergantung dan mengharapkan kemudahan.
Wa shallallahu ‘ala Nabiyyina Muhammadin wa ‘ala alihi wa sallam.

 

Walhamdulillahi Rabbil ‘alamin.

Bogor, 20 Juni 2016

DKM Masjid At Tauhid
Ketua,

Dedi Fadilah Ibnu Zubair

Posted by Redaksi Attauhid

ATTAUHID.NET adalah media informasi dan dakwah Masjid At-Tauhid yang beralamat di Rt. 01 Rw. 05 Pajeleran, Sukahati, Cibinong

Website: http://www.attauhid.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *