Anda Korban Setan Atau Pelaku Utama

doa3

Pernahkah anda berbuat dosa, dengan melakukan kemaksiatan atau meninggalkan perintah Allah Ta’ala? Saya yakin anda pasti pernah melakukannya. Dan pernahkah anda menyadari apa sebenarnya yang menyebabkan anda terjerumus dalam dosa tersebut?

Anda yang memang bandel hobi membangkang atau karena anda tergoda oleh setan?

Sering kali banyak dari kita ketika berbuat dosa mengkambing hitamkan setan semata, dengan berkata: saya hanyut dalam godaan setan, terbelenggu oleh bisikan setan dan alasan serupa.

Sobat! Kini saatnya anda membuktikan kebenaran tuduhan anda kepada setan sebagai biang perbuatan dosa anda. Di bulan Ramadhan, setan dibelenggu sehingga tidak leluasa menggoda anda, sebagaimana disabdakan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berikut ini :

(إِذَا كَانَ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ شَهْرِ رَمَضَانَ صُفِّدَتِ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ وَفُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ وَيُنَادِى مُنَادٍ يَا بَاغِىَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ وَيَا بَاغِىَ الشَّرِّ أَقْصِرْ وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ مِنَ النَّارِ وَذَلِكَ كُلَّ لَيْلَةٍ) رواه البخاري ومسلم والترمذي واللفظ له

’’Apabila awal bulan Ramadhan telah tiba, para setan dan jin-jin yang durhaka dibelenggu. Pintu-pintu neraka ditutup dan tidak satupun dibuka. Pintu-pintu surga dibuka dan tidak satupun ditutup. Dan ada penyeru yang berkata: ’’Wahai pencari kebaikan bergegaslah! wahai pencari keburukan berhentilah..! Dan pada setiap malamnya Allah membebaskan sebagian hamba-Nya dari api neraka’’

Diriwayatkan oleh Al Bukhkari, Muslim, Tirmidzi dan ini adalah teks riwayat At Tirmizi.

Saudaraku! Bila setan di bulan ramadhan telah dibelanggu dan pintu neraka telah ditutup, akan tetapi anda tetap terpanggil untuk berbuat maksiat, maka sudah sepatutnya anda bertanya: benarkah setan yang menjerumuskan anda?

Renungkanlah! jangan-jangan selama ini setan hanya berperan sebagai pelengkap semata dalam setiap amal kemaksiatan anda. Bisa jadi setan hanya beperan sebagai penggembira pada setiap dosa dan maksiat yang anda lakukan.

Buktikan bahwa selama ini anda benar-benar korban ulah setan bukan sebagai pelaku utama, yaitu dengan mengukir setiap waktu anda dengan amal ibadah dan kesucian jiwa yang terbukti pada bersihnya amalan anda.

Saudaraku! Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan generasi terdahulu mengukirkan sejarah dengan tinta emas di bulan Ramadhan; perang Badar, Fathu Makkah, Al Qadisiyyah, Al Hitthin dll. Akan tetapi mengapa anda merasa malas, dan lemas di bulan Ramadhan, seakan tidak ada lembaran sejarah yang anda ukir? Mungkinkah diri anda termasuk yang dibelenggu di bulan suci ini?

Inilah waktunya untuk berbenah diri dan membebaskan segala belenggu di bulan ramadhan dengan bertaubat dan memohon kesucian jiwa kepada Allah Ta’ala.

Selamat berjuang, semoga berhasil.

Jangan lupa saudaramu yang hina ini untuk anda sertakan dalam setiap atau sebagian doa-doa indah anda. Semoga sahabatmu ini turut mendapat kerahmatan Allah berkat doa-doamu yang dikabulkan Allah.

Jazakumullah khairan katsiran.

Posted by Dedi Fadilah ibnu Zubair

WAG Sahabat Bilal bin Rabah (Akhwat) WAG Sahabat Masjid at-Tauhid (Ikhwan) Daftar : 0878 7400 3722 Join telegram channel @sahabatibnuzubair

Website: http://www.attauhid.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *