Doa Diantara Waktu Adzan dan Iqomah

doadanzikir

Soal:

Bismillaah ..
Afwan stadz .. ana mau nanya lg stadz .. mksd dr hadits ini stadz ..

Dari Abu Sa’id Al Khudri ra., ia berkata : Rasulullah saw bersabda: Tuhan Yang Maha Mulia dan Maha Besar berfinnan : Barang siapa yang sibuk membaca Al Qur’an dan dzikir kepada Ku dengan tidak memohon kepada Ku, maka ia Aku beri sesuatu yang lebih utama dari pada apa yang Aku berikan kepada orang yang minta. Kelebihan firman Allah atas seluruh perkataan seperti kelebihan Allah atas seluruh makhlukNya. (Hadits ditakhrij oleh Turmudzi).

Mana yg lebih utama stadz .. berdoa di antara adzan dan iqomah apa membaca Alquran ..

Jazakallahu Khairan Katsiro ..

 

Jawab:

Bismillah

عَن اَبٍي سَعيدٍ رَضَي اللٌهُ عَنهٌ قَالَ:قَالَ رَسُولُ اللٌه صَلٌى اللٌه عَلَيهٍ وَسَلٌمَ يَقُولُ الرَبُ تَبَاَركَ وَتَعَالى مَن شَغَلَهُ الُقرُانُ عَن ذَكرِي وَمَسْئلَتيِ اَعطَيتُه اَفضَلَ مَا اُعطِي السْاَئِلينً وَفَضلُ كَلآمِ اللٌه عَلى سَائِرِ الكَلآمِ كَفَضلِ اللٌه عَلى خَلقِه (رواه الترمذي والدارمي والبيهقي في الشعب ).
Dari Abu Sa’id r.a. berkata, Rasulullah saw. Bersabda, “Allah berfirman, ‘barang siapa yang disibukan oleh al Qur’an daripada berdzikir kepada-Ku dan memohon kepada-Ku, maka Aku berikan kepadanya sesuatu yang lebih utama daripada yang Aku berikan kepada orang-orang yang memohon kepada-Ku dan keutamaan kalam Allah diatas seluruh perkataan adalah seumpama keutamaan Allah atas makhluk-Nya.”

Hadits ini diriwayatkan oleh At Tirmidzi no. 2926, dia berkata: ini Hadits Hasan Gharib, dan *didhaifkan* oleh Asy Syaikh Al Albani dalam Al Misykah no. 2136 dan Adh Dhaifah no. 1335. (Lihat Sunan Tirmidzi, Maktabah Al Ma’arif cetakan Pertama halaman 654)

Jikapun hadits ini dianggap Hasan, maksudnya adalah keutamaan menyibukkan diri dengan menghafal qur’an adalah kesibukan yg terbaik dari semua waktu yg bersifat umum

Sedangkan anjuran berdoa diantara adzan dan iqomah anjuran bersifat khusus, dan yg khusus lebih diutamakan.

Wallahu a’lam

Dijawab oleh Ustadz Dedi Fadilah – hafizhohulloh

Posted by Dedi Fadilah ibnu Zubair

WAG Sahabat Bilal bin Rabah (Akhwat) WAG Sahabat Masjid at-Tauhid (Ikhwan) Daftar : 0878 7400 3722 Join telegram channel @sahabatibnuzubair

Website: http://www.attauhid.net

This article has 2 Comments

  1. Oleh karena itu, sudah sepatutnya setiap orang memperhatikan waktu tersebut dan memanfaatkannya untuk banyak bermunajat dan memohon pada Allah yang Maha Mendengar setiap do’a.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *