Siapkan Diri Menyambut Bulan Suci Ramadhan (Bagian 1)

ramadhan
بسم الله والحمد لله والصلاة والسلام على رسول الله. اما يعد :

Beberapa hari lagi…
Kita akan menyambut event terbesar tahun ini, yaitu bulan Ramadhan.

Banyak keutamaan di dalamnya, tentunya sebagai seorang yang beriman kita patut bergembira akan datangnya bulan Ramadhan.

Kalau mau sadar diri, tentu kita masih kurang banget dalam beribadah, masih saja berbuat maksiat, sia-sia. Nah, sudah tentu senang ketika dikaruniai umur sampai di bulan Ramadhan tahun ini kan ?, kita bisa perbaiki amalan kita, dilipatgandakan pula, dijanjikan diampuni dosa, di bulan Ramadhan bisa jadi moment move on menjadi lebih baik, sahabat.

Persiapkan Bekal Ramadhan

Bekal apa yang perlu kita siapkan dalam menyambut bulan suci Ramadhan ? Tentu harus disiapkan, jangan asal. Tentu juga bukan bekal seperti resep kue, belanja ke pasar dan lain sebagainya .Bulan Ramadhan memiliki banyak keutamaan, sehingga sudah seharusnya kita berjuang untuk mendapatkan keutamaan itu. Semoga dengan persiapan bekal yang matang, kita bisa memaksimalkan diri kita untuk memperoleh keutamaan-keutamaan bulan suci Ramadhan. Berikut 3 bekal yang kita persiapkan,

  1. Bekal Ilmu

Agar ibadah kita menuai manfaat, berfaedah, dan tidak asal-asalan kita perlu tahu ilmunya.

‘Umar bin ‘Abdul ‘Aziz berkata,

“Barangsiapa yang beribadah kepada Allah tanpa ilmu, maka dia akan membuat banyak kerusakan daripada mendatangkan kebaikan.” (Al Amru bil Ma’ruf, hal. 15).

Tidak tahu akan hukum puasa, bisa jadi puasa kita rusak.

Tidak tahu apa saja hal-hal yang disunnahkan saat puasa, kita bisa kehilangan pahala yang banyak.

Tidak tahu jika maksiat bisa mengurangi pahala puasa, kita bisa jadi hanya dapat lapar dan dahaga saja saat puasa.

Tidak tahu jika dzikir bareng-bareng entah sehabis shalat lima waktu atau di antara tarawih atau sehabis witir, itu tidak ada dalilnya, akhirnya yang didapat hanya rasa capek karena tidak menuai pahala.
Ingatlah syarat diterimanya ibadah bukan hanya ikhlas. Ibadah bisa diterima jika mengikuti tuntunan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, alias ada landasan dalilnya.

Bersambung …

Posted by Dedi Fadilah ibnu Zubair

WAG Sahabat Bilal bin Rabah (Akhwat) WAG Sahabat Masjid at-Tauhid (Ikhwan) Daftar : 0878 7400 3722 Join telegram channel @sahabatibnuzubair

Website: http://www.attauhid.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *