Ungkapan Subhanallah dan Masya Allah

subhanallah

Assalamu’alaikum ustadz,

Mau tanya..bgmn cara membedakan ucapan masyaAllah dan subhanallah?? diucapkan pada kondisi spt apa??
Syukran ustadz

 

Jawaban:

Ungkapan Subhanallah dan Masya Allah

Penggunaan ungkapan  “Subhanallah” bisa digunakan atau diungkapkan pada banyak kondisi, seperti:

• ketika mensucikan Allah,
• ketika melihat atau mendengar sesuatu yang tidak disenangi, ta’jub atau kagum dll.

Lihat contoh ayat dibawah ini, dimana ekspresi kekaguman atas sesuatu atau ketika melihat sesuatu juga bisa menggunakan kalimat “Subhanallah”.

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ وَاخْتِلافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لآيَاتٍ لأولِي الألْبَابِ الَّذِينَ يَذْكُرُونَ اللَّهَ قِيَامًا وَقُعُودًا وَعَلَى جُنُوبِهِمْ وَيَتَفَكَّرُونَ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضِ رَبَّنَا مَا خَلَقْتَ هَذَا بَاطِلا سُبْحَانَكَ فَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

(1). “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal. (yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata) : “Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. *Maha Suci Engkau (سبحانك),* maka peliharalah kami dari siksa neraka” (QS. Ali Imraan: 190-191)

Dalam ayat ini terdapat petunjuk bahwa jika seorang muslim yang sedang melihat dan merenungi penciptaan Allah maka ia pun akan bertasbih kepada Allah karena takjub (kagum) akan kebesaran dan keagungan Allah Ta’ala.

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلا مِنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الأقْصَى الَّذِي بَارَكْنَا حَوْلَهُ لِنُرِيَهُ مِنْ آيَاتِنَا إِنَّه هُوَ السَّمِيعُ الْبَصِيرُ

(2).  “Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa yang telah Kami berkahi sekelilingnya, agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian dari tanda-tanda (kebesaran) Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat” (QS. Al-Israa’: 1)

Kurang tepat jika kita mengatakan bahwa ungkapan “Masya Allah” untuk hal-hal yg baik/menakjubkan dan semisal nya; dan ungkapan “Subhanallah” jika kita melihat/mengalami sesuatu yg kurang baik.

Jadi Kedua-duanya bisa untuk menunjukkan ekspresi takjub atau kekaguman.

Semoga bermanfaat

Dijawab oleh Ustadz Dedi Fadilah ibnu Zubair – hafizhahullah

Posted by Redaksi Attauhid

ATTAUHID.NET adalah media informasi dan dakwah Masjid At-Tauhid yang beralamat di Rt. 01 Rw. 05 Pajeleran, Sukahati, Cibinong

Website: http://www.attauhid.net

This article has 1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *