Buah Manis Pohon Keimanan

 

mainankayu.com
mainankayu.com

by Ustadz Abdullah Taslim

🌷 Pada saat ini kita sedang dilanda krisis iman. Maksudnya adalah kita sudah melakukan ibadah-ibadah yang telah Allah perintahkan, seperti membaca Al Qur’an, berdzikir, shalat dan ibadah-ibadah sunnah pun tidak kita tinggalkan namun peningkatan iman kita rasakan lambat.

H.R. Hakim dishahihkan oleh Al Hakim dari Adzdzahabi, Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “ sesungguhnya Iman didalam hatimu bisa menjadi usang (lapuk),seperti pakaian yang disimpan dilemari maka lama-lama akan menjadi usang.”

Dan Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam memberi solusi akan hal diatas, dengan cara “ perbaharui iman didalam hatimu.”

Maka beruntunglah bagi orang-orang yang mengenal Allah, karena Allah memiliki rahmat yang sangat luas, dan dari setiap kita selalu membawa pengharapan dan rasa optimisyang besar dari karunia Allah, segala kekurangan tidak perlu khawatir karena Allah Dialah Yang Maha Pemurah, Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Permintaan kita dalam urusan dunia Allah penuhi, apalagi dalam urusan Agama. Bahkan tanpa kita minta Allah pun berikan kepada kita, namun kita tidak mengetahui manfaatnya. Misal, kita mendapat hidayah dan mengenal jalan kebenaran. Itu yang tidak kita minta Allah berikan, bagaimana jika kita minta kepada Allah?

Karena kita ingin selalu melangkah, supaya selamat dalam kehidupan dunia dan kehidupan diakhirat, dan bertemu Allah dalam keadaan diridhai-Nya maka kita sangat perlu untuk mengoreksi diri.

Dan sebaik-baik cara untuk mengoreksi diri adalah dengan petunjuk Allah melalui ilmu yang telah kita pelajari.

Rasulullah shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
Q
“kenalilah Allah ketika engkau lapang, dimasa-masa kamu menghadapi ujian dekatkanlah dirimu kepada Allah, usahakan ada pengenalan yang khusus kepada Allah. Supaya, waktu kamu dalam keadaan susah, pengenalan dan pendekatan yang khusus tersebut bermanfaat, Allah akan mengingat dan menolongmu.”

Tujuan kita menuntut ilmu, rutin ikut kajian-kajian adalah untuk mendapatkan kualitas, dengan ilmu kita. Sehingga Allah akan mewujudkan janji-Nya kepada hamba. Allah akan selalu mengingatnya sesuai bagaimana hamba ini selalu mengingat Allah dalam setiap keadaan.

Allah berfirman: “ Wahai orang-orang yang beriman senantiasalah mengingat Aku, supaya Aku selallu mengingat mu. Dan selalu bersyukurlah kepada Ku dan jangan ingkar.”

Yang demikian adalah upaya untuk meraih kebersamaan dan kedekatan yang khusus kepada Allah.

Kebersamaan yang khusus berbeda dengan kebersamaan yang umum.

Kebersamaan Allah yang bermakna umum, sebagaimana Allah berfirman dalam Al Qur’an: “ Allah bersama kamu dimanapun kamu berada.”

Allah Maha mendengar, Maha Melihat, Maha Mengawasi, mengatur kehidupan manusia ini adalah berlaku untuk semua manusia (muslim ataupun kafir).

Tapi kebersamaan Allah yang khusus, sebagaimana firman Allah “ Sesungguhnya Allah bersama orang-orang yang sabar.” Bukan hanya sekedar di awasi, namun akan selalu ditolong ketika membutuhkan pertolongan, dikabulkan doannya ketika dia meminta, dijaga dari keburukan.

Dan Rasulullah sahalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Allah berfirman “ Aku akan selalu bersama hamba Ku dengan kebersamaan yang khusus, ketika hamba-Ku berdzikir kepada-Ku.

Para ulama menjelaskan, orang yang mencari kedekatan kepada Allah itu ada 2 macam:

🔹Ada orang yang hanya sekedar mencari pahala
🔹Ada orang yang mencari kedekatan, karena dengan kedekatan dia pasti juga akan mendapatkan pahala.

Perbedaan antara kedua golongan diatas, ketika berhubungan dengan kedekatan yang khusus ,kebersamaan yang khusus Allah kepada dirinya.

Perhatikan kualitas iman dalam diri. Karena ini adalah sebab keselamatan diri didunia dan diakkhirat. Sebab datangnya pertolongan Allah adalah dimulai dengan iman yang benar.

Allah berfirman, “ Sesungguhnya Allah kan selalu membela, menjaga dan melindungi orang-orang yang beriman.”

Jika iman mu benar maka penjagaan Allah sempurna. Iman merupakan benteng bagi seorang hamba. Jika bentengnya kuat maka penjagaan Allah pun kuat pula, jika bentengnya lemah maka penjagaan Allah pun lemah juga.

Sesungguhnya manusia dapat memilih suatu kehidupannya, sebagaimana Allah berfirman “ Sesungguhnya Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum, sampai mereka merubah keadaannya sendiri.”

Allah berfirman, “ Allah tidak akan menjadikan jalan bagi orang-orang kafir untuk menguasai orang-oarang yang beriman.” Itu adalah salahsatu janji Allah.

Perumpamaan iman bagaikan pohon yang baik. Yang mana pohon yang yang baik memiliki ciri berikut :

Akarnya menancap kuat didalam tanah

Batang dan rantingnya menjulang tinggi

Akan menghasilkan buah yang manis, dengan izin Allah subhanllahu wa ta’ala yang bisa dirasakan setiap saat.

Kenapa pohon iman itu tidak membuahkan buah yang manis bagi hati? Dan tidak menyentuh kedalam hatinya? Itu semua disebabkan oleh hati yang telah tertutup. Karena hati yang tertutup merupakan adzab terbesar bagi manusia.

Jika hati sudah mencintai kebaikan (keimanan), maka dia akan mudah melepaskan semua keburukan.

17 November 2015
At Masjid PP PON Cibubur
MT. Baabussalaam

➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖➖

Posted by Dedi Fadilah ibnu Zubair

WAG Sahabat Bilal bin Rabah (Akhwat) WAG Sahabat Masjid at-Tauhid (Ikhwan) Daftar : 0878 7400 3722 Join telegram channel @sahabatibnuzubair

Website: http://www.attauhid.net

This article has 1 Comment

  1. saya tertarik, saya penderita endometriosis sudah lebih dari 10 tahun, sudah 2x operasi dan berulang kali terapi hormon apakah ada harapan untuk saya?trus adakah ditoyibustrnra di pekanbaru?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *